sama-sama belajar

"welcome in my blog...
let's learn together"

Sabtu, 06 Oktober 2012

Tugas Filsafat Ilmu: Blaise Pascal


BLAISE PASCAL



Riwayat
Blaise Pascal (1623-1662) adalah seorang fisikawan, matematikawan, serta seorang  filsafat asal Perancis yang terkenal. Dia menjadi terkenal karena kontribusinya yang luar biasa dalam fisika, dan dalam eksperimen luas yang telah dilakukannya. Dia juga menjadi terkenal karena karyanya dalam matematika dalam teori probabilitas. Sebagai seorang filsafat, ia dikenal karena ‘collection of reflections’nya tentang moralitas Kristen yang disebut Pensées.
Pascal lahir pada 19 Juni 1623 di Clermont-Ferrand, Pascal telah menunjukkan bakat yang luar biasa dalam matematika saat dia masih kecil. Dia terlibat dalam gerakan keagamaan yang disebut dengan Jansenisme. Dia menjadi seorang biarawan pada tahun 1654 di sebuah biara Jansenist di Port-Royal. Pada waktu itu, agama Yesuit mengutuk pemimpin Jansenist, Antoine Arnauld dalam heterodoksi (penyimpangan dari keyakinan tradisi, yang diakui atau kepercayaan umum dalam gereja). Hal ini mendorong Pascal untuk menerbitkan serangkaian delapan belas pamflet populer yang bersifat menyindir yang disebut dengan Provincial Letters pada tahun 1656 dan 1657.
Dari tahun 1658 hingga kematiannya, Pascal bekerja di sebuah gerakan yang membela kepercayaan Kristen. Dia memiliki kepercayaan yang besar dalam teori bahwa ada batas-batas kebenaran yang alasannya bisa diketahui. Dia menulis tentang keyakinan-keyakinannya, namun, tulisan-tulisannya tersebut ditemukan setelah dia meninggal dan tulisan-tulisan tersebut secara anumerta diterbitkan sebagai Pensées.

Hukum Pascal serta kontribusinya dalam Ilmu Fisika
Pascal bereksperimen dengan cairan (fluida) dan muncullah kesimpulan yang penting. Eksperimennya membawa ke dalam rumusan dasar yang kita semua kenal sebagai Hukum Pascal. Hukum Pascal, dikembangkan pada tahun 1650-an, menggambarkan efek dari penerapan tekanan pada cairan dalam wadah tertutup. Hal tersebut menyatakan bahwa tekanan yang diberikan pada cairan dalam wadah tertutup ditransmisikan/diteruskan dengan kekuatan yang sama di seluruh wadah. Ini menjelaskan mengapa botol berdinding tipis yang berisi cairan dan dilengkapi dengan gabus bisa pecah ketika gabus didorong ke bawah. Hal ini juga menjelaskan bagaimana cara kerja kompresor udara, pompa vakum dan lift hidrolik, serta dongkrak dan penekan.
Eksperimen Pascal membuktikan bahwa udara memiliki berat, dan tekanan udara dapat menghasilkan ruang hampa. Ini merupakan penemuan yang sangat penting karena banyak para ilmuwan pada saat itu yang meragukan adanya ruang hampa.
"Pascal", penamaan yang mengikuti ilmuwan Perancis, adalah unit yang digunakan dalam sistem metrik untuk mengukur tekanan. Dilambangkan sebagai Pa, satu pascal adalah tekanan dari kekuatan satu newton yang bertindak atas lahan seluas satu meter persegi.


  p=F/A

Keterangan:
·         p= Tekanan (N/m2)
·         F= Gaya (N)
·         A= Luas Alas atau Penampang (m2)



Kontribusinya dalam Matematika
Pada 1650-an, Pascal bersama dengan seorang rekannya yang bernama Pierre de Fermat yang juga seorang ahli matematika, merumuskan teori penting dalam matematika yang disebut dengan Teori Probabilitas dan mendiskusikan beberapa aplikasinya dalam perjudian.
Pascal mendapatkan metode yang menarik untuk perhitungan kombinasi. Dia merumuskan susunan angka segitiga sedemikian rupa sehingga setiap nomor dalam segitiga adalah jumlah dari dua angka di atasnya. Segitiga ini kemudian dikenal sebagai Segitiga Pascal. Angka-angka tadi disebut sebagai elemen yang diatur dalam baris. Setiap baris elemen memiliki tempatnya sendiri, yang ditentukan dengan menghitung dari kiri ke kanan. Dengan demikian, 20 muncul di tempat keempat baris ketujuh segitiga. Pascal menemukan bahwa elemen di tempat ke (x +1) dari baris ke (y +1) adalah sama dengan jumlah kombinasi dari suatu y dan x pada suatu waktu, dinotasikan dengan Cyx. Dengan demikian, segitiga Pascal dapat digunakan untuk menghitung probabilitas.

Segitiga Pascal



Selain itu, Pascal juga merancang kalkulator sederhana yang dapat melakukan operasi dasar penjumlahan dan perkalian.
Pascal meninggal dunia pada tanggal 9 Agustus 1662 dalam usia 39 tahun tanpa penyebab kematian yang jelas.








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar